Popular Posts

Thursday 27 October 2016

Home » , , , , , , , , » Tugas PKL II: PRA TELAH PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN DIY TAHUN 2016

Tugas PKL II: PRA TELAH PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN DIY TAHUN 2016

PRA TELAH PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN DIY TAHUN 2016

BKKBN DIY melaksanakan acara “Pra Telaah Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangun Keluarga (KKBPK) DIY tahun2016” yang diikuti oleh SKPD KB (Satuan Kerja Perangkat Daerah Keluarga Berencana) se Kabupaten/ Kota DIY, pejabat administrator, IpeKB (Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana) Provinsi dan Kabupten/ Kota di Hotel Inna Garuda pada Kamis (1/9).

Dalam acara Pra Telah Program KKBPK ini membahas hal-hal diantaranya; Pencapaian Program KKBPK terhadap Kontrak Kinerja Program (KKP) sampai dengan Bulan Juli 2016, Rencana Kegiatan Operasional Program KKBPK Bulan September-Desember Tahun 2016, serta Peran Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam Percepatan Pencapaian Sasaran Program.

Ibu Dra. Evi Rahmawati, Kepala BKKBN DIY menegaskan bahwa kegiatan Telaah Progam KKBPK merupakan kegiatan strategis sebagai forum pemantapan komitmen, evaluasi hasil pencapaian program pada Semester I, serta identifikasi masalah dan penyusunan program kerja Semester II. Oleh karena itu melalui kegiatan ini dapat melihat pencapaian program KKBPK di waktu sebelumnya dan merencanakan kegiatan operasional program KKBPK di bulan September hingga Desember 2016.

Adapun mengenai pencapaian program KKBPK terhadap KKP sampai dengan bulan Juli 2016 disampaikan oleh Kepala Bidang Advokasi Penggeraan Informasi (ADPIN), Ibu Dra. Joehananti Chriswandari. Ia menjelaskan bahwa pencapaian Peserta Baru (PB) di Provinsi DIY baru mencapai 34,01 %. Selain itu Kepala Bidang Keluarga Sejahtera-Pemberdayaan Keluarga (KS-PK), Ibu Rohdhiana Sumariati, S. Sos., M. Sc juga memaparkan mengenai Rencana Kegiatan Operasional Program KKBPK Bulan September-Desember 2016. Bahwasannya pada Semester II rencana kegiatan operasional diantaranya Dukungan Operasional Pembinaan Kelompok BKB HI (Bina Keluarga Balita Holistik Integratif), Monev BKB HI, Dukungan Pembinaan Kelompok BKL (Bina Keluarga Lansia), Pembinaan dan Pengembangan PIK R/M (Pusat Informasi dan Konseling Remaja/ Mahasiswa), Penggerakan PIK Remaja, Pelatihan Program GenRe (Generasi Berencana), Dukungan Pengelolalaan Coe PIK R/M, Jambore dan Ajang Kreatifitas Remaja Genre, Perkemahan Pentaloka Saka Kencana, GenRe Ceria, Rakornis Pembentukan dan Pengembangan Kelompok BK, Orientasi GenRe bagi Kader Kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja), Evaluasi BKR, Fasiltasi Peningkatan Kualitas UPPKS/ Percontohan. 

Begitu juga pemaparan mengenai Peran PKB dalam Percepatan Pencapaian Sasaran Program yang dipaparkan oleh Wakil Ketua IpeKB, Ibu Dra. Titik Chomaryati, MM. PKB memilki peran sebagai perencana baik di tingkat Desa dan Kecamatan, melakukan Operasional Pelayanan dan Pembinaan, serta Melakukan Visualisasi.

Ibu Dra. Evi Rahmawati juga memberikan arahan kepada semua pihak untuk lebih waspada serta merapatkan barisan, bangun jaringan yang lebih banyak, dan menyentuh kepada keluarga-keluarga di seluruh pelosok wilayah untuk lebih mengerti, memahami dan melaksanakan program KKBPK. Dan tentunya semua ini dapat terlaksana dengan baik apabila mendapat dukungan penuh dari seluruh stakeholder dan mitra kerja demi kesejahteraan masyarakat DIY.


Berita ini post di: 

No comments:

Post a Comment