Popular Posts

Monday 17 October 2016

Home » , , » Tugas Kuliah I: Latihan Menulis Features Profile

Tugas Kuliah I: Latihan Menulis Features Profile

Feature Profile: Pak Nurwanto (Wakil dekan FAI UMY)
Kuliah di luar negeri? There is a will, there is a way!
               Hampir setiap orang memiliki impian untuk melanjutkan studi di luar negeri. Dalam usaha menggapai impian (seperti melanjutkan studi ke luar negeri) adalah suatu hal yang mungkin sekali terjadi. There is a will, there is a way. Seperti yang dikatakan bapak Nurwanto, S. Ag., MA., M.Ed. (wakil dekan Fakultas Agama Islam) yang melanjutkan studi S2 nya di University of Birmingham, United Kingdom. Beliau menegaskan bahwa apabila kita berusaha semaksimal mungkin dengan segala niat kita, maka selalu akan ada jalan untuk meraihnya.
Wakil dekan lulusan University of Birmingham ini memang sangat ingin berkuliah di luar negeri dan mengapresiasi dunia pendidikan. Buktinya beliau menempuh pendidikan S1 nya mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), kemudian melanjutkan pendidikannya mengambil Program Magister Studi Islam di UMY pada tahun 2001 hingga 2004 berhasil mendapat gelar M.A. Tidak berhenti disitu, pak Nurwanto berhasil mendapatkan beasiswa fully funded dari scholarship provider Ford Foundation untuk melanjutkan serta menambah ilmu di University of Birmingham mengambil jurusan School of Education. Beliau tidak mebutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan studinya di Inggris, hanya dalam satu tahun beliau berhasil mendapat gelar M. Ed nya yakni pada tahun 2010. Pada tahun itu pula beliau pulang ke Indonesia dan kembali ke UMY menjadi dosen untuk jurusan PAI (hingga sekarang), dan sekarang ini menjabat sebagai wakil dekan di Fakultas Agama Islam UMY.
  Setiap mahasiswa bisa meraihnya apabila memiliki keinginan dan cita-cita yang tinggi, demikian ungkap Pak Nurwanto. Wakil dekan asal Banjarnegara, Jawa Tengah ini memang sejak kecil ingin menjadi guru atau pendidik karena saking cintanya pada dunia pendidikan. Segala usaha dilakukan demi bisa meraih cita-cita. Memang semuanya dimulai dari apa sebenarnya yang kita impikan dan seberapa besar keinginan dan usaha kita dalam mewujudkan impian.
   Bagi teman-teman mahasiswa yang sangat mengimpikan untuk studi di luar negeri, ada beberapa rahasia penting atau top secret pak Nurwanto dalam keberhasilannya bisa studi di luar negeri. Yang pertama, Tekunlah Belajar. Belajar yang dimaksud pak Nurwanto adalah belajar aktif, bukan belajar pasif. Belajar aktif berarti kita tidak hanya membaca atau menghafalkan ilmu melainkan kita harus mengoptimalkan kemampuan berfikir kita. Seperti halnya kita sebagai mahasiswa bisa mengaktualisasi belajar aktif dengan menulis paper, mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan ilmu dan bakat seperti lomba, serta berdiskusi, karena dengan diskusi kita dapat memahami, menerima serta merespon pikiran orang lain. Yang kedua adalah Jadilah pembelajar yang mandiri. Bukan belajar karena dosen atau demi mendapatkan nilai. Kita harus menyadari bahwa belajar itu sudah menjadi kebutuhan kita dan jadikan belajar sebagai gaya hidup. Kita harus memiliki prinsip, apabila saya tidak tahu, maka saya harus mencari tahu. Selanjutnya adalah Investasi Bahasa Asing, sudah jelas kalau kita ingin kuliah di luar negeri, maka kita harus bisa menguasai bahasa asing agar kita dapat berkomunikasi dan belajar di negara tujuan kita. Karena dengan bahasa, kita bisa menelusuri ilmu pengetahuan dari mana saja asal kita mengetahui bahasa selain bahasa ibu. Kita dapat berinvestasi dengan mengikuti kursus-kursus bahasa ataupun komunitas bahasa yang ada di kampus. Adapun yang keempat, Kembangkan soft skill melalui kegiatan mahasiswa. Mahasiswa sangat dituntut untuk mengembangkan mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus dengan mengikuti semacam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi, ataupun komunitas lainnya. Dengan begitu keterampilan-keterampilan kita bisa dikembangkan seperti public speaking, leadership skill serta keterampilan bernegoisasi. Tidak hanya keterampilan tapi pengalaman juga kita dapatkan dengan aktif mengikuti berbagai komunitas atau organisasi baik di kampus atau di luar kampus. Pegalaman dan keterampilan yang kita dapatkan inilah yang menjadi investasi bagi kita untuk hidup ke jenjang yang lebih tinggi.
Pengalaman pendidikan dan tips pak Nurwanto diatas patut kita kagumi serta kita aktualisasikan apabila kita memang benar-benar ingin mewujudkan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi lagi. Kuncinya adalah There is a will, there is a way. Ketika kita ada suatu keinginan, pasti akan ada jalan. Seperti halnya arti ayat QS. Ar-Raad ayat 11, ....Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment